Rabu, 24 Agustus 2016

Pentingnya Branding?



Banyak pembuka usaha bilang "dari hulu ke hilir", kalo mau buka usaha harus mengerti semua proses usaha. conth mau buka Fried Chicken kita harus ngerti dari proses pemilihan ayam, pemotongan s/d transaksi.
Yup, agree! setuju. Sekarang timbul lagi, ke hilir nya tuh sampai proses apa? beda beda, kalo udah sampai hilir itu udah bersangkutan sama konsumen, ujungnya tuh bagaimana caranya kita membuat potensial konsumen menjadi klien, mitra, bahkan sampai kelewat batas yaitu sampai mitra kita menghasilkan profit buat usaha kita.
Ada satu proses yang untuk kelas pebisnis pemula kadang terlupakan, atau inget tapi gak tau keuntungan dan cara ngejalanin proses ini. namanya Branding, jangan lupa merk itu penting! bisa membuat konsumen dateng walaupun produk kamu ga berkualitas, percaya?
Branding itu kaitan erat dengan penjualan, kaitan erat dengan hubungan kepada konsumen atau gimana membuat merk kita menarik di mindset konsumen, tadi saya bilang branding itu bisa membuat konsumen beli produk kamu. coba di salah satu produk kamu tulisin kata “Best Seller”/“recommended” walaupun itu produk yang kurang peminatnya, lihat dalam satu bulan, naik atau turun penjualannya. itu salah satu permainan mindset, cara lain masih banyak.
Ini beberapa poin tentang branding:
- Branding ga selalu berhubungan dengan produk, tapi juga bisa dibangun oleh imej positif di lingkungan kamu.
- Branding itu membantu konsumen memilih produk mana yang harus mereka beli, otomatis ngebantu mereka dalam pemilihan.
- Branding memberikan kekuatan merk kepada produk kamu, produk kamu jadi lebih berharga walaupun kualitasnya sama dengan yang lain
- Branding itu membuat konsumen merasakan perbedaan bukan hanya dari kualitas produknya, tapi dari segi perasaan.
Terus kalo mau buka usaha, proses apa yang harus diprioritaskan? broo, yang namanya menjalani usaha berarti harus 100%, semua proses harus di perhatikan. tapi di artikel ini sya lebih berbicara terhadap branding.
Lebih bangga mana pake baju tulisannya “ZARA” atau “Nike”? kalo untuk pecinta casual pasti lebih suka tulisan “ZARA”, tapi untuk pemain bola atau yg suka olahraga bola pasti seneng tulisan “Nike”.
Why? itu dia, Branding membantu kamu dalam meluapkan perasaan emosional, ZARA dan Nike adalah brand international yang dua-duanya berhasil menembus penetrasi pasar hanya saja dengan segmentasi berbeda. kalo kamu memakai baju bertulisan Nike, orang-orang membuat imej kamu adalah pecinta olahraga, brand helps you to build your image, selain membantu penjualan, proses branding juga membantu konsumen kamu mempunyai karakter, disitulah disaat karakter konsumen dibangun mereka merasakan manfaat branding, bukan hanya masalah kualitas suatu produk tapi juga rasa bangga membeli dan memakai produknya.
Sekarang pindah ke kuliner, lebih bangga mana kamu bawa segelas kopi STARBUCKS atau air MINRAL? buat kebanyak orang pasti lebih milih starbucks. why? itu dia, branding starbucks sangat berhasil membuat imej minum kopi itu bisa dimana saja dan dibawa kemana saja, padahal kalo menurut saya masih banyak rasa kopi selain starbucks yang lebih pas di lidah, tapi jujur sayapun seneng kalo nenteng starbucks. 
Secar garis besarnya begitu…terus gimana cara melakukan proses branding yang baik? nah itu lebih panjang lagi, di artikel berikutnya insya Allah kita coba bahas. Inipun hanya sebagian kecil manfaat branding yang saya sebut.

Yang pada intinya, pebisnis itu harus mengerti semua proses TAPI jangan jadi penghambat kita membuka usaha. jangan sampai karena ga bisa masak kita jadi berhenti usaha kuliner, jangan juga karena gabisa roasting kopi kita ga jualan kopi, dan belum tentu juga orang produksi bisa menjual produknya, beda loh ya orang produksi, orang servis, orang sales. semua ada bidangnya, orang produksi tanpa orang sales cuman bisa menuhin gudang tanpa profit. noted.

sekian dulu..alhamdulillah ada waktu nulis diselah-selah closing kafe…
see you 
[RRM]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar