Pada umumnya, kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewanya seseorang yang terjadi karena membandingkan tingkat nilai suatu produk/jasa dengan ekspektasi mereka. Ketika nilai lebih rendah dari ekspektasi, pelanggan akan kecewa. Jika nilai sebanding dengak ekspektasi, pelanggan akan senang dan puas. Jika nilai melebihi ekspektasi, pelanggan akan sangat puas bahkan setia.
Kebanyakan pengusaha mengambil solusi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan dua cara, yaitu dengan menurunkan harga dan meningkatkan pelayanan pelanggan, mungkin ini bisa berhasil, tapi kebanyakan profit akan lurus-lurus saja, karena masih ada beberapa poin yang mereka lewatkan.
Ok kita mulai yuk, 4 cara memuaskan pelanggan yang terlupakan oleh kebanyakan pengusaha:
1. Berfikir Panjang 3 Tahun Kedepan
Kenapa kita harus berfikir kedepan bahkan sampe bertahun-tahun kedepan? bisnis itu berjalan sesuai jaman, bukan cuman metode bisnis yang akan berubah tapi juga karakter pembeli pun akan berubah seiring jalannya waktu, jadi sebagai pengusaha kita harus berfikir apa yang akan terjadi di kemudian hari, apa yang akan dibutuhkan oleh pembeli setelah ini? ketika pembeli menginginkan sesuatu yang baru dan penjual sudah dapat mengatasinya, maka kepuasan akan terjadi.
2. Memuaskan Dan Mengembangkan Karyawan
Ok begini, sekarang jaman modern dimana seluruh struktur harus berhadapan dengan konsumen, tapi balik lagi, yang akan sering berhadapan dengan konsumen adalah karyawan. Kotornya, karyawan adalah peran terdepan dalam memuaskan pelanggan, semua sistem/SOP yang telah dibuat bagus atau tidaknya tergantung dari kinerja karyawan. Jika karyawan puas, nyaman, senang saat bekerja maka kinerja akan meningkat dan hasil dari pelanggan pun akan positif, dan sebaliknya. Mengembangkan karyawan dalam hal apapun itu perlu, karena tadi..bisnis itu berubah seiring waktu, maka tingkat kinerja karyawanpun harus berubah.
3. Perhatikan Kinerja Middle Job
Middle Job disini adalah karyawan yang mempunyai jabatan lebih tinggi dari karyawan lain, contoh: Manajer, Kepala Gudang, Head Waiter, dll. Perhatikan kinerja mereka dan pastikan mereka bekerja maksimal, inilah tugas kita sebagai pengusaha sebagai pemilik bisnis. Pada dasarnya seorang Middle Job bertugas untuk memastikan bahwa seluruh karyawan bekerja dengan benar sesuai sistem, dialah yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi di lapangan. Pastikan pula seorang Middle Job mengerti benar tentang sistem bisnis keseluruhan agar terciptanya alur bisnis yang baik dan meningkat.
4. Evaluasi Sistem Produksi
Jangan pernah lelah mengevaluasi produk/jasa bisnis kita! karena bagaimanapun nilai dari suatu produk adalah hal penting, itulah yang akan menyebabkan tingkat kepuasan pelanggan di masa depan. Balik lagi bahwa produk adalah hal yang bisa membuat bisnis kita tahan lama, banyak pengusaha fokus terhadap hal lain dan mengabaikan evaluasi produk sehingga profitnya besar tetapi jangka waktu bisnisnya pendek. Wajib bagi pengusaha membuat produk yang baik sehingga pelanggan merasakan nilai yang tinggi disaat pertama kali mencobanya, pengalaman pertama terhadap produklah yang menentukan apakah pelanggan akan datang lagi atau malah berpaling terhadap produk lain.
Masih banyak loh cara untuk memuaskan pelanggan, jangan cuman berfikir bahwa dengan menurunkan harga atau meningkatkan pelayanan saja yang akan membuat puas pelanggan. Kombinasi yang baik dari semua proses adalah yang utama! Fikir lebih banyak lagi tentang kepuasan...
Semakin semangat untuk berbisnis?
Selamat mencoba!
[RRM]

Tidak ada komentar:
Posting Komentar